Jam Tangan VS Jam Saku

Dahulu kala, cahaya matahari hanyalah satu-satunya penunjuk waktu bagi umat manusia. Dengan menggunakan bayangannya pada sebuah tongkat sebagai patokan. Tapi kini hal itu berubah setelah berabad-abad kemudian jam ditemukan. Kegunaannya yang sangat penting, membuat jam menjadi aksesoris yang sangat dibutuhkan setiap orang. Dengan berbagai model desain yang disesuaikan, jam bisa dikenakan oleh semua kalangan. Dari mulai anak kecil yang membutuhkan jam untuk menentukan kapan waktu bermainnya selesai atau untuk orang dewasa yang tidak sabar menunggu waktu pulang kerja. Ada sebagian orang yang hanya menganggapnya sebagai aksesoris biasa, namun ada juga sebagian orang yang menganggapnya sebagai aksesoris ekslusif yang dapat dijadikan sebagai investasi masa depan. Hal ini terjadi karena pada perkembangannya, terdapat banyak brand yang sengaja menjual jam secara eksklusif sehingga menjadi buruan sebagian orang-orang.

Lalu tahukan anda bahwa awalnya manusia hanya mengenal jam saku? Mengapa yang terjadi sekarang jam tangan lebih digemari? Nah untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, mari kita simak ulasan berikut,

1.Sejarah Jam

Sejarah Jam

Banyak terjadi perdebatan dalam pembahasan sejarah jam tentang siapa yang pertama kali menemukannya. Namun yang pasti, jenis jam saku ditemukan lebih dahulu sebelum jam tangan. Pemakaian arloji klasik ini awalnya hanya digunakan oleh para bangsawan, karena produksi yang masih sedikit dan kesulitan tingkat tinggi dalam pembuatannya.

2.Pergeseran Zaman

Pergeseran Zaman

Seiring perkembangan zaman, jam saku mulai ditinggalkan karena pemakaiannya yang terlalu rumit.  Bala tentara yang saat itu sangat memerlukan jam dalam mewujudkan strategi perangnya, mulai beralih menggunakan jenis jam yang digunakan di tangan lengkap dengan strap sebagai penyangga. Dari situ jam tangan yang awalnya hanya digunakan oleh kaum wanita sebagai perhiasan, bertingkat kepopulerannya di masyarakat jauh mengalahkan jam saku hingga saat ini.

3.Jam Era Modern

Jam Era Modern

Di era modern ini, jenis jam tangan menguasai pasaran untuk hampir semua kalangan. Masyarakat mungkin lupa bahwa ada jenis jam saku sebelum jam tangan. Namun, di era modern ini jenis jam saku maupun jam tangan mempunyai peminatnya masing-masing. Jam saku yang memiliki nilai klasik mulai kembali di gemari walau tak sepopuler jam tangan. Banyak merk yang mengeluarkan berbagai desain dari kedua jenis jam ini dengan harga yang fantastis dan dijual secara ekslusif. Masyarakat pun berlomba-lomba untuk mengoleksinya sebagai simpanan dana untuk masa yang akan datang.

Begitulah ulasan singkat mengenai hal tadi. Sekarang anda tahu bahwa jam tangan bukanlah jenis jam pertama yang ditemukan, namun penggunaannya yang lebih sederhana dan praktis membuat jenis jam ini lebih banyak digemari masyarakat. Jika anda tidak percaya, coba sebutkan merk merk jam tangan yang anda ketahui lalu sebutkan merk merk jam saku yang anda ketahui? pasti anda lebih banyak mengenal merk merk yang menjual jam tangan. Hal itu tidak apa-apa, setidaknya sekarang anda mempunyai ilmu lebih banyak dari orang-orang yang tidak mengetahui sejarah jam bahwa jenis jam yang pertama kali ditemukan adalah jam saku.

Sekarang, yang perlu anda ingat adalah basic kegunaan jam yang sejak awal digunakan sebagai penunjuk waktu. Artinya betapa pentingnya waktu dalam sebuah kehidupan, maka mohon bijaksanalah dalam menggunkan waktu yang anda miliki. Tak peduli merk jam apapun yang anda gunakan, jika anda masih tidak bisa menghargai waktu maka sia-sia lah aksesoris tersebut anda gunakan.